Rabu, 15 Juli 2020

KAMIS 22 JULI Pemerintah KI dan KD Akuntansi dan Keuangan Lembaga

Bidang Keahlian: Bisnis dan Manajemen
Program Keahlian: Akuntansi dan Keuangan
Kompetensi Keahlian: Akuntansi dan Keuangan Lembaga (C3)
Mata Pelajaran: Praktikum Akuntansi Lembaga/Instansi Pemerintah
Jam Pelajaran : 280 JP (@ 45 Menit)
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Akuntansi dan Keuangan Lembaga pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
4. Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang Akuntansi dan Keuangan Lembaga. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
KOMPETENSI DASARKOMPETENSI DASAR
3.1    Memahami  pembukuan tunggal, dan  pembukuan berpasangan untuk akuntansi keuangan pemerintah daerah4.1    Mengidentifikasi pembukuan tunggal, dan pembukuan berpasangan  untuk akuntansi keuangan pemerintah daerah
3.2    Menerapkan persamaan akuntansi, konsep debet dan kredit, penjurnalan, buku besar, saldo normal dan laporan keuangan untuk akuntansi keuangan pemerintah daerah4.2     Melakukan pencatatan persamaan akuntansi, konsep debet dan kredit, penjurnalan, buku besar, saldo normal dan laporan keuangan untuk akuntansi keuangan pemerintah daerah
3.3    Menganalisis transaksi pendapatan daerah, belanja derah, pembiayaan daerah, asset daerah, kewajiban daerah, dan equitas dana daerah4.3     Melakukan pencatatan transaksi pendapatan daerah, belanja derah, pembiayaan daerah, asset daerah, kewajiban daerah, dan equitas dana daerah
3.4    Menerapkan system akuntansi keuangan, dan struktur akuntansi keuangan desa/kelurahan4.4    Melakukan pencatatan system akuntansi keuangan,  dan struktur akuntansi keuangan desa/kelurahan
3.5    Menerapkan standar pengakuan, pengukuran, dan pengungkapan/disclosur akuntansi pemerintah daerah4.5    Melakukan pencatatan pengakuan, pengukuran, dan pengungkapan/disclosur akuntansi pemerintah daerah
3.6    Menganalisis elemen basis akuntansi, pelaksana akuntansi, struktur lengkap kode rekening untuk kelompok akun asset, kewajiban, ekuitas dana, pendapatan, belanja, dan pembiayaan di desa /kelurahan4.6    Melakukan pencatatan elemen basis akuntansi, struktur lengkap kode rekening untuk kelompok akun asset, kewajiban, ekuitas dana, pendapatan, belanja, dan pembiayaan di desa/kelurahan
3.7    Menganalisis transaksi akuntansi pendapatan satker, dan akuntansi pendapatan desa/kelurahan)4.7    Melakukan pencatatan akuntansi pendapatan satker, dan akuntansi pendapatan desa/kelurahan
3.8    Menganalisis transaksi akuntansi belanja satker, dan akuntansi belanja desa/kelurahan)4.8    Melakukan pencatatan akuntansi belanja satker,  dan akuntansi belanja desa/kelurahan)
3.9    Menganalisis transaksi Akuntansi penerimaan pembiayaan, dan akuntansi pengeluaran pembiayaan di desa/kelurahan4.9    Melakukan pencatatan Akuntansi penerimaan pembiayaan, dan akuntansi pengeluaran pembiayaan di desa/kelurahan
3.10  Menganalisis transaksi akuntansi asset satker, dan akuntansi asset desa/kelurahan4.10  Melakukan pencatatan akuntansi asset satker, dan akuntansi asset desa/kelurahan
3.11  Menganalisis transaksi akuntansi kewajiban satker, dan akuntansi kewajiban desa/kelurahan)4.11  Melakukan pencatatan akuntansi kewajiban satker, dan akuntansi kewajiban desa/kelurahan
3.12  Menganalisis transaksi dokumen sumber akuntansi ekuitas dana satker, dan dokumen sumber akuntansi ekuitas dana desa/kelurahan4.12  Melakukan pencatatan dokumen sumber akuntansi ekuitas dana satker, dan dokumen sumber akuntansi ekuitas dana desa/kelurahan
3.13  Menganalisis transaksi akuntansi koreksi kesalahan, peristiwa luar biasa, dokumen sumber yang digunakan di satker, dan di desa/kelurahan4.13  Melakukan pencatatan akuntansi koreksi kesalahan, peristiwa luar biasa, dokumen sumber yang digunakan di satker, dan di desa/kelurahan
3.14  Mengevaluasi laporan keuangan desa/kelurahan yang meliputi tujuan laporan keuangan, komponen laporan keuangan, neraca saldo, jurnal penyesuaian, laporan realisasi anggaran sebelum konversi, jurnal penutup, penyusunan neraca, catatan atas laporan keuangan, konversi laporan keuangan, dan penyusunan laporan keuangan setelah konversi4.14  Menyusun laporan keuangan desa /kelurahan yang meliputi penyusunan neraca saldo, pencatatan jurnal penyesuaian, laporan realisasi anggaran sebelum konversi, jurnal penutup, penyusunan neraca, catatan atas laporan keuangan, konversi laporan keuangan, dan laporan keuangan setelah konversi
3.15  Menerapkan komputerisasi data akuntansi desa/kelurahan4.15  4.15 Membuat file data akuntansi desa/kelurahan
3.16  Menganalisis daftar akun untuk desa/kelurahan.4.16  Menyusun daftar akun untuk desa/kelurahan.
3.17  Menganalisis transaksi yang terkait dengan akuntansi desa/kelurahan4.17  Melakukan entry transaksi yang terkait dengan akuntansi desa/kelurahan
3.18  Mengevaluasi laporan keuangan desa/kelurahan4.18  Mencetak laporan keuangan desa/kelurahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KAMIS 18 NOVEMBER 2021 STRUKTUR ORGANISASI PENGELOLAAN KEUANGAN DESA

  STRUKTUR ORGANISASI  PENGELOLAAN KEUANGAN DESA Stuktur organisasi pengeloaan keuangan pada pemerintah desa dapat  digambarkan sebagai beri...